Galeri

Mengajarkan Anak Kemampuan Membaca

Kemampuan membaca pada anak sangatlah penting untuk menuju keberhasilan belajarnya. Anak yang sudah bisa membaca akan berhasil di sekolah, juga dapat membantu mereka membangun rasa percaya diri, dan membantu untuk memotivasi anak Anda.
Kemampuan membaca akan membantu anak Anda belajar lebih banyak tentang dunia, memahami petunjuk pada tulisan dan gambar, sehingga anak akan senang membaca dan membantu mereka mengumpulkan banyak informasi.
Belajar membaca sangat berbeda dari belajar untuk berbicara, dan hal itu tidak terjadi sekaligus. Perlu proses waktu yang berkelanjutan sesuai usia anak untuk belajar membaca.
Waktu terbaik untuk anak Anda untuk mulai belajar membaca adalah pada usia yang sangat muda. Bahkan sebelum anak  memasuki pra-sekolah. Setelah anak mampu berbicara, ia dapat mulai mengembangkan kemampuan membaca dasar.
Anak yang sangat muda memiliki rasa ingin tahu alami untuk belajar tentang segala sesuatu, dan mereka secara alami tertarik dengan cetak surat yang mereka lihat, dan sangat ingin belajar mengetahui  isi dari tulisan yang ada.
Anda mungkin akan melihat bahwa anak-anak Anda suka melihat-lihat buku dan menikmati setiap tulisan dan gambar yang ada di buku. Mereka bahkan akan berpura-pura berperilaku seperti pembaca dengan memegang buku dan berpura-pura membacanya.
Sebagai orang tua, Anda adalah orang  pertama yang paling penting dalam perjalanan anak-anak Anda ke dunia indahnya membaca.
Anda bebas untuk membuat lingkungan yang paling mendukung putra-putri Anda untuk belajar membaca – seperti membaca dengan suara keras pada siang hari dan sebelum tidur, dan menempatkan buku sesuai usianya di dalam rumah, sehingga anak akan memiliki akses yang luas untuk banyak buku.
Kegiatan  membacakan buku untuk anak Anda akan sangat membantu mengembangkan keinginan anak untuk bisa membacanya sendiri.
Dengan bantuan Anda, anak dapat belajar bagaimana untuk membaca. Jadikan membaca menjadi kegiatan keluarga, dan menghabiskan waktu bermain game kata-kata dan membaca buku cerita.
Hal ini tidak hanya membantu anak Anda belajar membaca, tetapi juga akan membantu dia membangun kosakata yang kaya, mengajarinya pola bahasa, dan membantu dia jatuh cinta dengan buku dan membaca.

Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana untuk membantu anak Anda belajar membaca …
*Bicaralah dengan anak Anda – sebelum anak Anda dapat belajar membaca, dia harus terlebih dahulu belajar berbicara. Bicaralah dengan anak Anda tentang segala sesuatu apa pun sesuai minat anak. Katakan padanya cerita, lalu mintalah anak Anda untuk menjawab pertanyaan. Juga hendaknya orangtua sering  menyanyikan lagu-lagu bersama anak. Ini merupakan langkah pertama yang penting tentang bagaimana untuk membantu anak Anda belajar membaca.

*Membaca untuk anak Anda secara konsisten sehari-hari – kita semua pasti bisa karena biasa. Jadi, sisihkan waktu setiap hari untuk membacakan buku bersama  anak Anda. Membaca untuk anak Anda setiap malam sebelum tidur. Ini adalah langkah yang paling penting kedua tentang bagaimana untuk membantu anak Anda belajar membaca.
Jadikan ini “pendinginan” nya periode sebelum dia berangkat tidur. Ini tidak hanya membantu anak Anda mengembangkan minat akan buku-buku dan membaca, itu juga membantu mempererat  ikatan antara orangtua dan anak, juga mengembangkan hubungan yang sehat.

*Bantulah  anak Anda mengembangkan pemahaman membaca – biasanya, orang tua bisa  menyisihkan  waktu untuk membaca buku bersama anak-anak mereka, namun banyak orangtua yang tidak menempatkan banyak penekanan atau berpikir tentang apakah anak-anak mereka mengerti apa yang  baru saja dibacakan.

Bantu anak anda untuk membacakan dengan berbagai macam buku dan terus membaca dengan cara menyenangkan – Tidak ada kekurangan dari buku anak-anak, dan Anda harus selalu memiliki berbagai macam buku anak, cerita, dan puisi  yang tersedia.

Membaca adalah kegiatan menyenangkan, baik untuk orang tua dan anak. Membaca untuk anak Anda hendaknya menggunakan drama dan kegembiraan, dan menggunakan suara yang berbeda.

Berikan anak anda hak untuk memilih buku apa yang ingin dibacakan. Ketika membacakan buku  untuk anak Anda, bacalah perlahan, dan usahakan dengan kata-kata yang mudah dimengerti anak.
Selalu ingat bahwa membaca harus menjadi aktivitas yang menyenangkan  bagi anak Anda, dan anak tidak  merasa terbebani atau terpaksa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s