Galeri

Melatih Kemampuan Berbicara Anak

Kemampuan berbicara merupakan  proses perkembangan  yang kompleks dan bertahap yang berlanjut bahkan setelah ia telah benar-benar mengucapkan kata-kata pertamanya.
Anda dapat mempercepat kemampuan berbicara pada anak dengan memperkenalkan beberapa latihan sederhana dalam bermainnya.
Berikut adalah beberapa latihan menarik yang dapat Anda gunakan untuk membantu anak berbicara lebih baik :
*Selalu mendengarkan dia, ketika ia tersenyum pada Anda atau membuat suara-suara lucu, cobalah untuk menjawab dengan kata-kata.

*Cobalah untuk berbicara secara alami, tanpa mencoba untuk menyederhanakan bahasa Anda, sehingga terasa alami seperti percakapan nyata dengan orang dewasa.

*Katakan padanya apa yang Anda lakukan setiap kali Anda menangani dia, misalnya jika Anda memberinya makan, berbicara tentang makanan.

*Meniru suara yang anak ucapkan dan menunggu respon. Hal ini akan mendorong dia untuk menanggapi suara atau berbicara.

*Dorong anak untuk membuat suara saat melakukan beberapa tindakan. Seperti Anda mungkin membuat dia menyentuh rambutnya, sambil menekankan kata “rambut”. Anda kemudian dapat membuat dia mengulangi tindakan dan mencoba untuk meniru kata “rambut”. Dia akan dengan cepat belajar bahwa suara dapat menunjukkan suatu tindakan tertentu.

*Berbicara sebanyak yang Anda bisa untuk dia. Apa pun yang Anda katakan, akan cepat terdaftar di otak dan disimpan dalam memorinya. Dan seiring berjalannya waktu, ia akan menggunakan kata-kata yang sama untuk berbicara keinginannya.

*Nyanyikan lagu-lagu merdu untuk anak. Hal ini berguna  untuk mengembangkan cinta terhadap musik. Lagu memungkinkan bayi untuk memahami kata-kata dengan cara yang rileks.

*Bergerak / menari di depannya sesering Anda bisa. Hal ini akan mendorong anak  untuk memahami  tindakan dikombinasikan dengan kata-kata. Bahkan, anak  akan cenderung untuk meniru semua tingkah laku dan pembicaraan orangtuanya, yang akan meningkatkan kemampuan berbicara. Jadi, berbicaralah yang sopan dengan bahasa yang santun dalam keseharian kita. Karena anak merupakan “mesin fotocopy” yang hebat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s