Galeri

Mencari Tempat Penitipan Anak

Bagi orangtua yang bekerja di luar rumah, dan tidak memiliki pembantu, pasti sangat membutuhkan Tempat Penitipan Anak yang tepat untuk sang buah hati. Di Indonesia sudah banyak bermunculan TPA (Tempat Penitipan Anak) dengan aneka ragam penawaran. Dari segi biaya, tentunya menentukan kualitas TPA yang ditawarkan. Kebanyakan TPA menawarkan sistem jam, harian, mingguan dan bulanan. Tergantung kemampuan dan keperluan orangtua.
Mencari tempat penitipan anak tidaklah mudah. Seperti mencari sekolah untuk sang buah hati kita. Tentunya banyak faktor yang harus jadi bahan pertimbangan sebelum kita menentukan tempat penitipan anak yang tepat. Berikut pengalaman yang mungkin bermanfaat bagi bunda yang bekerja di luar rumah dan mau mencari tempat penitipan anak yang tepat.

1.Memutuskan kriteria apa yang anda inginkan.
Apakah Anda mencari tempat penitipan anak yang dekat tempat kerja? Atau apakah yang dekat ke rumah Anda agar lebih nyaman? Apakah Anda ingin sang buah hati memiliki teman bermain yang banyak atau hanya beberapa orang saja? Berapakah dana yang mampu disiapkan oleh orangtua?

2.Melakukan penelitian
Bertanya pada sekitar kita untuk menemukan tempat penitipan anak yang paling terkemuka. Teman dan keluarga dapat membantu mendapatkan informasi untuk Anda, dan referensi pengalaman orangtua lainnya adalah yang terbaik.

3.Kunjungan dan wawancara.
Anda dapat mengajukan pertanyaan awal beberapa melalui telepon (biaya dan usia anak-anak, misalnya), tetapi akan lebih baik jika kita dating langsung ke tempat yang dimaksud dan bertemu langsung dengan pengelolanya. Dengan demikian kita juga dapat melihat langsung kegiatan pengasuhan anak-anak disana.

Tanyakan tentang segala sesuatu dari jam, biaya, dan jadwal liburan. Juga informasi tentang pola pengasuhan pada masalah-masalah seperti disiplin, makan, tidur, dan bermain.

Pada akhirnya, memilih tempat penitipan anak adalah keputusan yang sangat pribadi. Tetapi perlu diperhatikan suasana yang hangat, tempat yang bersih, lingkungan yang aman dan guru-guru berpengalaman yang dibayar dengan baik dan senang dengan pekerjaan mereka. Anak-anak membutuhkan suasana seperti dirumah yang aman, nyaman dan bisa dipercaya.

4.Minta Referensi
Biasanya penilaian positif “dari mulut ke mulut” adalah dukungan kuat. Mintalah referensi dari orangtua lain yang juga menitipkan anaknya di Tempat Penitipan Anak yang dimaksud.

5.Perlu dampingi anak di hari pertamanya.
Saat kita telah memutuskan tempat penitipan anak yang memenuhi kriteria, hendaknya sang bunda mendampingi anak sebentar. Hal ini penting agar bunda  dapat  melihat bagaimana anak dan pengasuh berinteraksi dan jika anak  tampaknya merasa nyaman dengan lingkungannya yang baru, pastilah Bunda pun merasa tenang menitipkan anak sementara waktu disaat Bunda bekerja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s