Galeri

Menghentikan Kebiasaan Anak Ngompol

Kebiasaan mengompol biasanya paling banyak dialami anak-anak perempuan. Pengalaman saya dengan 3 anak laki-laki dan 1 anak perempuan. Untuk yang perempuan memang perlu waktu agak lama agar ia tidak mengompol sembarang tempat.

Semua orang tua yang mempunyai anak usia 2-3 tahun pasti selalu mengharapkan anaknya bisa menghentikan ngompol sembarang tempat. Mengompol memang menjadi persoalan sendiri bagi sebagian besar orangtua, karena membuat orangtua harus bekerja ekstra untuk mengganti alas kasur dan pakaian anak. Bekas ompol yang ada di kasur pun menimbulkan aroma yang kurang sedap. Saat akan melakukan perjalanan jauh, anda harus mempersiapkan popok dan baju yang cukup banyak sehingga merepotkan sekali. Atau selalu memakai diapers yang praktis.

Kebiasaan anak ngompol yang terjadi pada anak usia 2-3 tahun masih tergolong wajar. Mereka membutuhkan proses pembelajaran untuk menjadi terbiasa buang air kecil secara rutin.

Yang Berperan Penting Untuk Menghentikan Anak Ngompol
Ada beberapa cara yang disarankan agar kebiasaan anak ngompol dapat dihentikan dan anda sebagai orang tua sangat berperan penting. Yang harus anda lakukan adalah mulai mengenali kebiasaan atau pola mengompolnya baik pada malam hari atau siang hari saat bermain.

Ingatkan anak dan ajak ia agar mau pipis di kamar mandi. Karena biasanya anak keasyikan main sampai akhirnya gak tahan untuk mengompol. Kalau saya setiap 30 menit atau 1 jam saya bimbing dia ke kamar mandi untuk pipis.

Jika anak sedang tertidur, biasanya setelah anak bangun langsung saya bimbing ke kamar mandi untuk pipis dulu. Setelah itu baru minum susu.  Lakukanlah terus dalam waktu sebulan, anak akan terbiasa dengan hal tersebut. Karena sudah terpola dengan bimbingan kita tentunya.

Dalam proses membiasakan tersebut, sebaiknya hindari anak tidak merasa tertekan. Karena jika anak merasa tertekan, bisa menghambat proses belajar tidak ngompol. Jika dengan cara seperti itu masih saja anak ngompol, sebaiknya anda periksakan ke dokter karena khawatirnya kemungkinan ada gangguan biologis dalam diri anak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s