Galeri

Antara Kecerdasan IQ dan EQ

Kecerdasan IQ dan EQ

Kecerdasan Emosi (EQ).
Yaitu kemampuan seseorang untuk mengenali, mengelola dan mengekspresikan emosi diri sendiri dengan tepat. Juga kemampuan untuk memotivasi diri, mengenali orang lain dan membina hubungan sosial dengan orang lain.

 

Antara Kecerdasan  IQ dan EQ.
Melalui sebuah tes IQ, kecerdasan seorang anak bisa dihitung dan dijabarkan dengan angka. Bagaimana dengan kecerdasan emosi (EQ)?
Para pakar menyatakan bahwa sampai sekarang belum ada tes yang bisa mengukur kecerdasan emosional. Kecerdasan emosi dan kognisi ini sebenarnya saling berhubungan. Di otak kita merupakan bagian memproses hal-hal yang menghubungkan emosi dan kognisi seseorang. Keduanya dapat dan harus dikembangkan dengan seimbang.

Sejak lahir kita sudah mendapatkan warisan genetik tertentu dan rangkaian muatan emosi yang menentukan temperamen kita nantinya. Tapi, kondisi genetik ini tidak berperan utama dalam menentukan tingkah laku seseorang. Justru lingkungan sekitar, apa yang kita alami dan kita pelajari sehari-hari itulah yang sangat menentukan.

Pengalaman masa kanak-kanak dapat mempengaruhi perkembangan otak. Jika sejak usia dini anak-anak mendapat latihan-latihan emosi yang tepat, maka tentu kecerdasan emosinya akan meningkat. Begitupun sebaliknya. Semuanya kembali kepada kita para orangtua. Mau menjadikan masa kecil anak sebagai masa emas atau awal kehancuran?

Kebanyakan para orangtua sangat mengutamakan perkembangan fisik dan hal-hal motorik saja. Kita sering mencatat pertambahan berat dan tinggi anak sejak lahir. Juga mengingat kapan si anak mulai tumbuh gigi, mulai merangkak, berdiri, berjalan dan mulai bisa menyebutkan kata-kata ma…ma…ma… atau pa…pa…pa…

Padahal setiap aspek kecerdasan emosi memiliki waktu perkembangannya sendiri. Walaupun lebih kompleks dan bervariasi, namun perlu diketahui perkiraan tahapan-tahapannya. Lalu, bagaimana caranya melatih kecerdasan anak dan aspek apa saja yang harus dikembangkan sejak usia dini? Baca juga disini kelanjutannya ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s