Galeri

Batasi Anak Kita Menonton Televisi

Tayangan televisi memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap perkembangan anak. Untuk itu, sebaiknya orangtua sedikit membatasi anak menonton televisi di rumah. Alangkah baiknya jika kegiatan menonton TV anak diganti dengan aktifitas lain yang lebih berguna baginya. Kecuali program acara pengetahuan yang sering diputar mungkin baik untuknya.

Batasi Menonton TV
Ada sepuluh cara mudah agar anak mengurangi kegiatan menonton TV yang tidak berguna.

Pertama, tentukanlah jumlah waktu menonton TV dalam keluarga anda perharinya. Perhatikan juga jam anak menonton TV, cermati seberapa lama ia menonton TV dan tentukan jam nonton di keluarga anda.

Kedua, rencanakan jadwal menonton TV. Sebagai orangtua  kita berhak membuat kesepakatan waktu untuk menonton TV bersama. Perhatikanlah program apa yang mereka sukai, usahakan menyediakan waktu bersama menonton acara yang mereka sukai, tentunya sesuai dengan usia mereka.

Ketiga, usahakan jangan meletakkan TV di tengah ruangan. Sebuah penelitian menunjukkan kalau anak akan mempunyai minat untuk menonton TV lebih banyak apabila TV berada di ruangan tengah.

Keempat, matikan TV jika mereka usai menonton acara kesukaan mereka. Penelitian menunjukkan bahwa 50% dari kita semua kebanyakan membiarkan TV tetap menyala meskipun tidak menontonnya. Banyak dari kita yang membuat TV sebagai pengiring aktifitas di rumah. Anda bisa menggantinya misalnya dengan menonto VCD pendidikan untuk anak-anak.

Kelima, tetapkan sebuah larangan memasang TV pada waktu-waktu tertentu. misalnya pada saat waktu makan.

Keenam, ciptakan kegiatan lain.  Ajarilah anak anda dengan bermain dengan imajinasinya melalui menggambar, mewarnai dan sebagainya.

Ketujuh, dengan menyembunyikan permainannya sementara waktu. Sembunyikan permainan yang tidak begitu menjadi favoritnya. Saat ia lupa, keluarkan lagi permainan itu. Setidaknya ia punya permainan yang baru lagi. Ia juga bisa melupakan TV dan anda bisa sedikit berhemat.

Kedelapan, belajar pelajaran sekolah. Gunakan waktu menonton TV anak untuk belajar pelajaran sekolahnya. Bimbing dia dengan kata-kata yang lembut dan mencoba memahami kesulitan yang anak alami.

Kesembilan, minta anak untuk membantu anda dan libatkan ia dalam aktifitas anda sehari-hari.

Kesepuluh, bernyayi bersama. Tak peduli suara kita pas-pasan, anak-anak biasanya menyukai nyanyian. Bernyanyilah bersamanya untuk mengganti waktu menonton televisi. Bermain sambil bernyanyi akan membuat hubungan orangtua dan anak semakin erat.

Peran Orangtua Agar Disiplin Membatasi Anak Menonton TV
Sebagai Orangtua hendaknya dapat konsisten dan tak jemu mengingatkan dan melatih anak-anak untuk membatasi nonton tv dengan diganti aneka kegiatan yang positif bersama orangtuanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s