Galeri

Kisah Hikmah Menanamkan Nilai Dan Keutamaan

Kisah-kisah hikmah banyak sekali terdapat dalam Al-Qur’an. Kisah merupakan salah satu prinsip dalam pendidikan Islam. Karena dapat merangsang minat anak pada usia dini.

Bagi anak, kisah hikmah bisa meninggalkan kesan yang jelas dan mendalam pada jiwanya. Kisah menanamkan nilai-nilai yang ia sukai melalui empati dan keberpihakan kepada para pemerannya.

Kepada anak kecil, kita bisa menceritakan kembali kisah yang ada dalam Al-Qur’an dengan bahasa yang sederhana dan mudah dicerna oleh anak.

Kita juga bisa mengarang cerita-cerita yang mengarah pada keutamaan akhlakdan sikap-sikap terpuji lainnya. Tujuannya untuk menjauhkan dari segala sikap buruk.Kisah yang dipilih hendaknya yang menarik bagi anak, sesuai dengan umurnya. Dan bisa mendorong anak untuk melakukan kebaikan, berpegang teguh pada aturan agama dan menyadari pengawasan Alloh SWT (Muraqabatullah).

Sebagai salah satu contoh yang sudah populer yaitu kisah seorang ibu dengan putrinya si penjual susu. Sang ibu menyuruh si anak untuk mencampur susu dengan air. Tujuannya agar bisa mendapat untung lebih banyak. Tapi si anak dengan yakin menjawab, Amirul Mukminin memang tidak melihat kita melakukan perbuatan itu. Tapi Alloh tentu melihat kita.

Kisah diatas bisa menumbuhkan nilai kejujuran, ketaatan dan pengawasan Alloh SWT.Masih banyak lagi kisah-kisah yang perlu diceritakan pada anak-anak kita sebagai generasi penerus.

Sebagai rujukan ada buku bagus yang berisi 365 kisah yang bisa diceritakan kepada anak setiap hari. Buku ini sudah disesuaikan dengan tanggal dan bulannya. 1 hari 1 kisah.

Semoga bisa bermanfaat…..^_^

One response to “Kisah Hikmah Menanamkan Nilai Dan Keutamaan

  1. Assalamu’alaikum….
    Alhamdulillah dirumah sudah ada buku ini. Memang bagus sekali untuk membantu para orangtua agar tidak kehabisan bahan cerita yang penuh makna untuk anak-anak.
    Sekalian promo nih…., kunjungi http://www.tassekolahanakislami.wordpress.com
    Salam kenal…🙂
    Wass…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s