Galeri

Memberi Makan Si Buah Hati

Banyak sekali ibu-ibu muda yang bingung, kapan kita mulai memberikan makanan padat untuk “si buah hati”.Belum lagi pendapat kuno, kalau bayi yang sehat adalah bayi yang gemuk. Padahal, bayi yang sehat adalah yang jarang sekali sakit. Seperti putraku yang ke empat, Kayana Aydin Fadhlurrahman. Berbeda dengan kakak-kakaknya, sampai usianya 6 bulan belum pernah sakit yang mengharuskan dibawa berobat ke dokter.

Menurut dokter, bayi baru boleh diberi MPASI (Makanan Pendamping ASI) setelah berusia 6 bulan. Pertama-tama diberi bubur susu yang bisa dibuat sendiri atau beli yang instan tinggal diseduh. Usia 7 bulan sudah bisa diberi sup yang diblender dengan sedikit saja garamnya. Buah pisang juga sudah boleh diberikan. Lalu, setiap umurnya bertambah 1 bulan, makanannya dibuat lebih kasar dan bervariasi. Agar si kecil tidak bosan. (Baca : “Menu Si Kecil”).

Dalam pemberiannya, harus konsisten dan teratur sejak masih kecil. Jangan biasakan anak makan sambil jalan-jalan. Karena bisa jadi kebiasaan buruk. Anak akan bersikap gak mau makan kalau tidak keluar rumah sambil jalan-jalan. Akan lebih baik jika dibiasakan untuk makan di dalam rumah, sambil gendong juga gak apa koq. Juga harus teratur dalam waktu memberikannya. Agar terbentuk pola kebiasaan jam makan si kecil. Hindari memberi makan si kecil (balita) pada waktu menjelang maghrib atau malam hari. Karena bayi memiliki kemampuan pencernaan yang berbeda dengan kita. Jadi, jadwal makannya juga beda.

Jika si kecil sudah mau makan sendiri, biarkan dia makan sendiri. Maklumi kalau berantakan makannya. Namanya juga baru belajar. Tapi, usahakan tetap diperhatikan jumlah makanan yang berhasil disuap oleh si kecil. Jangan sampai lebih banyak yang terjatuh dari piringnya, daripada yang dimakan.

Karena aku memutuskan untuk tidak kerja di luar rumah sampai anakku berumur 3 tahun, aku jadi punya banyak waktu untuk membina hubungan antara ibu dan anak. Selain itu lebih hemat dan praktis. ASI tak boleh diganti dengan susu formula, kecuali dengan kondisi yang urgent.

Semoga bermanfaat ^_^

One response to “Memberi Makan Si Buah Hati

  1. Terima kasih atas informasi penting; semoga menjadikan anak-anak kita senantiasa sehat dan tumbuh/berkembang dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s