KETUPAT LEBARAN

Lebaran sebentar lagi…, tambah semangat nih !!!

Sudah jadi tradisi kalau lebaran semua keluarga menyiapkan ketupat di menu utama untuk santapan keluarga. Ada yang buat sendiri atau pesan kepada orang lain, boleh-boleh saja. Tapi akan lebih nikmat jika hasil buatan sendiri.

Memang agak repot sedikit jika belum terbiasa atau belum ada pengalaman membuatnya. Tak ada ruginya jika mencoba membuat dan memasak ketupat. Kata mamak-qu kalau tidak pernah belajar, gak akan pernah bisa. Jadi, coba deh ikuti langkah-langkah di bawah ini!

  1. Siapkan kulit ketupat yang sama ukurannya. Supaya matangnya rata. Lalu cuci dan rendam supaya tidak layu.
  2. Cuci beras yang pulen (pandan wangi atau rojolele), lalu rendam 1 jam. Boleh juga ditambahkan air kapur sirih sedikit saja. Lalu tiriskan. (Sesuaikan banyaknya beras dengan cangkang ketupat yang telah disiapkan).
  3. Masukkan beras ke dalam cangkang ketupat sebanyak 2/3 bagian.
  4. Lalu susun di panci besar, siram air panas. Rebus selama 3 jam. Tambahkan air mendidih jika air di panci berkurang. Karena ketupat harus selalu dalam kondisi terendam air.
  5. Setelah matang, segera angkat dan siram dengan air dingin (biasa). Karena kata mamak-qu, sisa air rebusan yang menempel itulah yang membuat ketupat jadi cepat basi. Lalu di angin-anginkan dengan cara digantung di ruang terbuka.

Nah…., mudah kan! So…, selamat mencoba!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s